Analisa Pasar

Blog Analisa Pasar

Pemahaman Pasar melalui Analisa Pasar

Menjadi seorang pebisnis handal berati Anda harus menjadi sesorang yang mampu melakukan analisa pasar dengan baik dan tepat. Banyak orang mengatakan bahwa analisa pasar merupakan bagian penting dalam manajemen pemasaran dan jasa keuangan, supaya kita dapat memuaskan para konsumen. Namun sebenarnya tidak sesempit itu saja. Dengan melakukan analisa pasar maka Anda bisa memahami keadaan pasar dengan baik sehingga strategi yang dilakukan untuk pemasaran dan penjualan pun akan berjalan dengan baik. Mengapa demikian? Karena analisa pasar bersifat menyeluruh maka kita bisa mengetahui segala harga mulai dari permainan harga, selera konsumen, produk favorit, trend dan kepopuleran, bahkan juga mengetahui bagaimana keadaan para pesaing Anda.

Berikut kita akan belajar mengenai tahap analisa pasar dengan empat tahapan. Langkah pertama dilakukan dengan membuat analisa situasi, kemudian dilanjutkan dengan indentifikasi, penilaian, dan kemudian analisa konsumen. Dalam keempat tahapan tersebut ada beberapa kegiatan yang harus Anda lakukan.

Langkah pertama adalah dengan melakukan analisa situasi dimana Anda harus mendapat gambaran umum situasi dari pasar barang atau jasa yang Anda fokuskan. Misalkan Anda hendak menjual mesin cuci maka Anda harus melihat peluang dari produk Anda dan mengaudit terhadap semua keadaan lingkungan yang relevant. Kemudian kita melanjutkan ke tahap indentifikasi. Disini Anda melihat secara lebih khusus peluang pemasaran untuk jangka panjang dan mencari data mengenai permasalahan yang kerap muncul. Setelah selesai Anda bisa melakukan penilaian mendetail terhadap 3 aspek penting, yaitu customer assessment, competiton, dan environtmental assessment. Nah di sini Anda samapi pada tahapan dimana harus mampu mendaftar para pesaing. Anda bisa mendaftar pesaing baik dengan cara mencari perushaan dengan brand power terkuat, produk sejnis, dan bahkan generic dan desired competitors. Langkah yang terakhir adalah melakukan analisa pasar terhadap kebutuhan konsumen dan tingkah laku konsumen.

Untuk tahap terakhir Anda bisa mengunakan metode dan pendekatan secara langsung pada konsumen. Misalnya Anda membuat analisa untuk mencari selera konsumen dan trend masa kini dengan membuat riset sederhana seperti survey, wawancara kecil, observasi, dan lainnya. Dalam melakuka analisa pasar, Anda harus mampu memberikan data yang valid, baru, dan akurat supaya identifikasi dan hasil analisa bisa dipertanggunjawabkan.

About these ads

November 29, 2011 - Posted by | Analisa Pasar |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: