Analisa Pasar

Blog Analisa Pasar

Analisa Pasar Dibutuhkan Dalam Berbisnis

analisa pasarSuatu usaha atau bisnis membutuhkan analisa pasar pada saat sebelum maupun di tengah perjalanan perkembangan usaha tersebut. Sebelum melangkah lebih jauh, apa itu sebenarnya arti dari analisa pasar?

Analisa ini dilakukan untuk mengetahui keadaan suatu barang maupun jasa yang ditawarkan terhadap keadaan maupun tanggapan pasar tertentu. Apakah nantinya produk maupun jasa yang ditawarkan akan diterima dengan baik dan akan mendapatkan permintaan yang besar dari pasar. Lalu kapan produk tertentu sekiranya akan dibutuhkan oleh pasar. Disini analisa pasar akan sangat membantu pelaku usaha untuk mengembangkan produk apa yang dapat ditawarkan dan kapan sebaiknya produk itu dijual.

Sebagai salah satu contoh yang sederhana, jika saya memiliki tempat tinggal maupun tempat usaha di dekat kampus, maka dengan menganalisis pasar, kita akan tahu usaha apa yang cocok di lingkungan kampus, apakah kos-kosan, rumah makan, usaha fotokopi, atau yang lainnya. Jika kemampuan, modal, dan minat kita adalah terhadap usaha rumah makan, dengan analisa pasar pula kita dapat mengetahui kapan makanan tertentu akan digemari dan laris terjual. Seperti contoh pada bulan Ramadhan, makanan maupun minuman yang manis dan segar adalah produk yang paling digemari, jadi kita bisa menambahkan menu seperti koktail pada saat bulan puasa.

Bagaimanapun juga sebagai pelaku bisnis kita dituntut untuk selalu berinovasi dan mengembangkan kreatifitas, sehingga usaha yang dijalankan tidak hanya stagnan disitu-situ saja. Analisa pasar juga harus memperhatikan kebutuhan pelanggan, apakah produk maupun jasa kita dapat digemari.

Apakah harga yang kita tawarkan masih dapat dan membawa keuntungan atau tidak. Dalam hal ini, kita juga sangat memerlukan strategi pemasaran yang baik, bagaimana promosi akan usaha kita, apakah selama ini informasi mengenai usaha kita sudah disampaikan pada masyarakat secara optimal ataupun belum.

Dengan mengetahui kondisi lingkungan sekitar, pemasaran kita akan semakin baik demi menunjang analisis kita terhadap pasar. Disini pelaku bisnis pada dasarnya dituntut untuk mengerti keadaan dan kebutuhan pasar, mau memajukan usaha dan mengoptimalkan usaha , tentu saja hal ini akan sangat terbantu dengan adanya analisa pasar yang dilakukan dengan cermat dan berkala.

July 27, 2011 - Posted by | Analisa Pasar |

No comments yet.

Leave a comment