Analisa Pasar

Blog Analisa Pasar

Analisa Pasar Pendukung Utama Usaha Anda

analisa pasarApapun usaha yang akan ataupun sedang dijalankan, kita tidak bisa hanya asa membeli, memproduksi dan menjual, diperlukan berbagai macam analisa seperti analisa pasar, analisa strategi, analisa keuangan dan sebagainya.

Yang disebut dengan analisa pasar adalah kegiatan mencari informasi mengenai segala hal tentang proses produksi ataupun distribusi yang dijalankan, informasi mengenai keadaan pasar yang menjadi target, dan bagaimana, dimana dan kapan usaha tersebut akan dikemas dan ditawarkan.

Dalam analisa pasar kita tidak hanya mencari tahu bagaimana pandangan dan minat masyarakat akan produk ataupun jasa yang kita tawarkan, kita juga harus bisa mengestimasi bagaimana kira-kira tanggapan akan usaha tersebut dalam jangka waktu tertentu, apakah akan meningkat atau malah turun.

Kita juga harus menentukan siapa saja orang yang tepat untuk kita jadikan target atas produk atau jasa kita. Disini setelah kita menentukan visi dan misi dari usaha, kita bisa melakukan survey lapangan untuk mendapatkan data mengenai keadaan calon pelanggan, termasuk jenis kelamin, umur, potensi, dan lain sebagainya.

Jika perlu kita bisa promosikan langsung sampel produk hasil produksi ke target pasar tersebut untuk mengetahui minat dan pandangan pelanggan secara langsung. Kita juga perlu memperhatikan dan memperhitungkan berapa waktu yang kita butuhkan untuk memenuhi permintaan pelanggan sehingga kinerja produksi maupun distribusi yang dijalankan bisa diperbaiki dan usaha yang kita geluti tetap terjaga kredibilitasnya.

Di segala maca usaha, kita akan selalu memiliki pesaing, kita juga harus mencari tahu informasi tentang pesaing-pesaing kita tersebut, dibandingkan dengan usaha kita apa kelebihan mereka dan apa saja kekurangannya, apakah mereka bisa menghambat kita dalam menggaet pasar atau tidak.

Hal-hal tersebut diataslah yang sangat bisa membantu kita untuk mengatur strategi sedemikian rupa dan lalu mencapai target pasar.  Beruntung kini dengan mudah kita bisa mengakses berbagai macam informasi melalui internet.

Data mengenai target pasar dapat kita dapatkan secara on-line. Kita juga bisa melakukan survey ataupun riset via internet atau bahkan dengan media sosial tentang online trading yang masih marak saat ini. Terkadang kita juga perlu untuk mengubah pandangan kita dari seorang pengusaha menjadi seorang pelanggan untuk lebih mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan dan diinginkan pelanggan pada produk kita. Analisa pasar seperti ini akan sangat berguna bagi kelancaran usaha yang dijalankan.

August 22, 2011 - Posted by | Analisa Pasar

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: