Analisa Pasar

Blog Analisa Pasar

Periksa Analisa Pasar Saham Sebelum Bertransaksi

analisa pasarSeluruh kegiatan yang ada di dunia saham dan bursa saham pada dasarnya hanya berkutat pada dua hal penting, yaitu keputusan untuk menjual saham dan membeli saham yang didasarkan pada analisa pasar saham.

Sesungguhnya prinsip kerja dalam bisnis saham dan mengeruk keuntungan dari saham adalah dengan membuat keuputusan transaksi yang tepat kapan untuk membeli dan kapan untuk menjual. Untuk mengetahui hal tersebut dan melakukan forecasting yang lebih akurat diperlukan ketelitian dalam melakukan analisa pasar saham.

Untuk orang yang masih baru dalam dunia saham, analisa pasar saham utama adalah mencari tahu tingkat kepopuler suatu indeks saham. Kepopuleran saham didapat berdasarkan jumlah orang yang ingin menjual dan membeli. Jadi nilai saham akan naik apabila jumlah orang yang menginginkannya juga bertambah.

Misalnya suatu perusahaan XXY memproduksi 10 ribu lembar saham dengan harga dari 150 sampai 200. Nah tentu saja harga penawaran dimulai dari angka terendah kemudian naik dan terus naik seiring dengan tingkat kepopulerannya. Di sini analisa pasar membantu Anda menentukan kapan harus dibeli dan di tingkat harga berapa harus dibeli sehingga mendapat keuntungan maksimum.

Tidak masalah untuk membeli saham dengan tingkatan harga mahal jika Anda bisa mendaptakan hasil analisa pasar saham yang tepat dan memprediksi bahwa masa depan perusahaan tersebut cerah dan tingkat kepopulerannya tinggi.

Lantas metode apa saja yang bsia diaplikasikan pada pasar saham? Anda bisa melihat metode PBR dan PER. PBR adalah Price to Book Ratio sedangkan PER adalah Price Earning Ratio. PBR berkaitan dengan modal dan kapitalisasi perusahaan yang dihitung berdasarkan nilai saham yang diterbitkan dikali dengan jumlah saham yang diterbitkan.

Sedangkan Price to Book Ratio merupakan hasil perbandingan yang diperoleh dengan Membagi kapitalisasi pasar dibagi dengan prioce to book (meliputi asset terhadap property dan hutang perusahaan). Sedangkan PER membantu anda melakukan analisa pasar saham untuk memprediksi berapa banyak jumlah keuntungan yang bisa diperoleh dari perusahaan penerbit saham tersebut dalam waktu 1 tahun.

September 8, 2011 - Posted by | Analisa Fundamental, Analisa Pasar, Analisa Teknikal | , ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: