Analisa Pasar

Blog Analisa Pasar

Analisa Pasar terhadap Marketplace dan Kompetitor

analisa pasarBerbicara mengenai analisa pasar, maka Anda juga harus menilik keadaan marketplace dan competitor dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jika sebelumnya kita membicarakan mengenai segemntasi pasar dan konsumen yang membantu Anda dalam memilih produk atau jasa, maka analisa pasar terhadap marketplace dan competitor merupakan langkah selanjutnya yang harus dijalankan.

Setelah Anda memilih produk atau jasa yang hendak dijual, Anda pasti ingin memastikan bagaimana nasib dan peluang kesuksesannya di kalangan masyarakat itu sendiri. Tentu saja akan banyak ditemui produk dan jasa sejenis di marketplace dan ini merupakan hal yang amat wajar. Yang perlu Anda lakukan hanya mengungguli dan mencari celah dari para pesaing. Hal yang paling penting dalam melakukan analisa pasar terhadap competitor adalah penilaian yang jujur dan relaistis.

Pertama, buatlah dulu ranking competitor mulai dari yang kuat sampai yang terlemah. Anda bisa menggunakan data statistic dari instansi, penilaian langsung konsumen, power brand, dan juga observasi lapangan sendiri. Bagaimana cara nya? Dalam konteks industry, biasanya dapat dilakukan dengan mengelompokkan dalam kategori harga, kualitas, dan ukuran. Kemudian susun dalam lembar kerja dan buatlah perbandingannya. Di sini Anda bisa melakukan positioning dimana kira-kira letak perusahaan Anda. Setelah itu pilihlah siapa competitor yang relevan dengan perusahaan Anda. Pelajari apa yang mereka lakukan, bagaimana cara mereka memenuhi kepuasan konsumen, menetapkan strategi, dan bagaimana mereka biasanya akan berekasi bila ada kompetior baru.

Selain melihat kondisi persaingan dalam mengembangkan usaha, anda perlu melihat marketplace. Menilik berbagai situasi sangatlah penting. Hal ini harus selalu dilakukan dan dicermati karena keadaan bisa berubah suatu waktu. Keadaan marketplace sangat dipengaruhi oleh hal politik, ekonomis, social budaya, serta teknologikal. Misalnya ketidakstabilan politik suatu kota atau negara bisa mempengaruhi tingkat penjualan produk dan jasa Anda. Hal-hal seperti ini kerap berubah oleh karena itu Anda harus benar-benar memperhatikan keadaan sekitar. Namun jika pondasi analisa pasar dalam segmentasi pasar, konsumen, dan analisa kompetitif cukup kuat maka pekerjaan ini tidak begitu susah.

September 29, 2011 - Posted by | Analisa Pasar |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: