Analisa Pasar

Blog Analisa Pasar

Analisa Pasar Untuk Suatu Produk

Tidak peduli apapun jenis produk yang Anda coba untuk dijual, Anda perlu melakukan beberapa jenis analisa pasar untuk produk anda tersebut. Analisa ini adalah cara yang paling baik dan efektif untuk menghemat uang dan waktu daripada harus membandingkan produk-produk lain yang mungkin sama dengan produk Anda yang mungkin juga akan menjadi pesaing di pasaran. Analisa pasar ini juga dapat memberikan  ketenangan pikiran pada Anda tentang langkah-langkah yang akan diambil dalam menggelar dan mengiklankan produk Anda.

Hal yang pertama perlu dilakukan untuk analisa pasar adalah dengan menentukan ukuran pasar untuk produk Anda. Anda dapat melakukan analisa ini dengan melihat data penjualan terkini untuk produk serupa, atau dengan melakukan penelitian dengan cara survei potensi pelanggan untuk mengukur minat mereka akan produk.

Jika Anda tahu berapa presentase dari target pasar Anda yang tertarik, maka Anda akan dapat memperkirakan berapa total minat pasar. Kemudian diteruskan dengan mengetahui tingkat perkiraan pertumbuhan pasar. Pada jangka waktu 5, 10 atau 15 tahun mendatang, Anda  harus dapat  memperkirakan bagaimana penjualan produk nantinya. Di sini harus diingat bahwa produk memiliki siklus hidup, yang berarti bahwa di beberapa titik jumlah orang di pasar berada di posisi yang cukup tinggi dan akhirnya akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Alasan utama untuk penurunan ini adalah bahwa produk-produk baru yang lebih baik akan diperkenalkan ke pasar yang sama.

Langkah analisa pasar selanjutnya adalah dengan menganalisa potensi keuntungan produk. Anda harus melihat daya beli dari pasar yang Anda targetkan, bersama dengan ancaman dari kompetisi yang ada. Yang pasti produk Anda harus membawa keuntungan. Tentukan di mana produk harus didistribusikan dalam rangka mencapai penjualan paling tinggi. Kemudian lihatlah tren di pasar yang dapat mempengaruhi produk Anda. Sebagai contoh, jika Anda menemukan ada kecenderungan orang-orang kelas menengah kehilangan pekerjaan mereka dan mencoba untuk menyimpan uangnya, maka kita harus menunda merilis produk mewah ke segmen tersebut.

Dan yang terakhir adalah mengidentifikasi faktor-faktor tambahan yang dapat membuat produk Anda benar-benar tak tertahankan untuk pasar Anda. Sebagai contoh, jika Anda menjual perhiasan, Anda mungkin hanya memiliki akses untuk gaya, berbeda dengan berlian langka yang tidak hanya bisa  menghasilkan permintaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pesaing Anda, tetapi juga memungkinkan Anda untuk menetapkan harga yang lebih tinggi dan meningkatkan potensi keuntungan Anda. Demikianlah analisa pasar yang dapat Anda lakukan untuk produk anda.

October 19, 2011 - Posted by | Analisa Pasar |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: