Analisa Pasar

Blog Analisa Pasar

Titik Beratkan Pada Kebutuhan Konsumen Anda

Jika Anda ingin memulai melakukan analisa pasar, Anda harus menyadari bahwa focus utama Anda adalah menyelediki segala sesuatu tentang pasar atau konsumen itu sendiri. Pasar merupakan kumpulan orang yang sudah membeli dan menggunakan jenis produk/jasa tertentu, belum menggunakan, ataupun juga memiliki minat tinggi terhadap penawaran Anda. Pasar merupakan seluruh masyarakat yang Anda yang tergolong atau terbagi-bagi dalam beberapa kelompok. Tentu saja pembagian kelompok ini tidak didasarkan secara asal namun menurut beberapa criteria khusus yang biasanya dilakukan dalam analisa pasar.

Dengan adanya pembagian pasar, maka Anda akan mudah melakukan targeting dan fokus untuk produk dan jasa baik online trading maupun yang offline yang Anda jual. Dan tiap kelompok pasar ini memiliki criteria ataupun cirri khusus yang membedakan satu sama lain. Dan penting bagi Anda untuk melakukan penelitian supaya Anda bisa memperoleh cara pendekatan, pemasaran, serta bagaimana cara untuk mengelola produksi dari komoditas yang Anda tawarkan.

Karena analisa pasar merupakan metode pengamatan dan penelitian terhadap criteria dan minat konsumen, maka Anda harus benar-benar serius dalam mengambil data. Misalkan perusahaan yang bergerak di bidang produksi pakaian untuk bayi, balita, dan anak. Maka segementasi pasar Anda merupakan konsumen berusia 0-10 tahun. Nah, di sini Anda harus mengambil data apa saja yang disukai dan diharapkan konsumen dari produk baju yang dibuat. Selain itu, Anda juga harus menyadari bahwa ada peran otang tua untuk mengambil keputusan dalam memilih produk pakaian danri beberapa brands. Dengan mengetahui hal hal tersebut, maka akan mempermudah Anda untuk memasarkan produk dan membuat segmentasi produk. Apakah Anda akan membuat jenis pakaian dengan kenyamanan super dan harga selangit, atau Anda akan memitik bertakan pada fashion namun bahan biasa saja sehingga harga lebih terjangkau.

Apapun keuputusan Anda, jika sudah didasari dengan riset dan analisa pasar, maka setidaknya akan lebih mantap untuk dijalani dan dipertangunggjawabkan. Oleh karena itu, jangan pernah setengah-setengah ketika mengambil data analisa pasar dari konsumen dan calon konsumen yang ingin Anda fokuskan.

December 28, 2011 - Posted by | Analisa Pasar | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: