Analisa Pasar

Blog Analisa Pasar

Analisa Pasar Bisnis Elektronik

Waktu terus berjalan dan masyarakat pun akan berubah oleh karena itu wajar jika hasil analisa pasar Anda saat ini dengan beberapa tahun yang lalu pun berbeda. Jangankan beberapa tahun, dalam hitungan beberapa bulan saja ketertarikan konsumen bisa berubah dengan drastic. Seiring dengan berjalannya waktu maka kebutuhan akan tiap individu pun akan terus bertambah, berevolusi, dan juga semakin beragam. Hal ini terjadi seturut dengan trend dan kondisi masyarakat yang ada. Selain itu faktor media, kebutuhan, dan juga gaya hidup pun akan berubah-ubah. Dengan adanya analisa pasar yang update (selalu diperbaharui) maka Anda bisa bertahan di tengah semakin kerasnya tuntutan dan harapan konsumen serta persaingan dengan produk dan jasa sejenis.

Bisnis elektronik merupakan salah satu bisnis yang cukup menguntungkan mengingat trend, kebutuhan, dan pasar untuk jasa keuangan maupun penjualan barang-barang eletronik cukup luas. Semua orang saat ini pasti membutuhkan alat elektronik mulai dari gadget sampai dengan alat elektronik rumah tangga. Namun, berjualan alat elektronik pun bisa sikatakan gampang-gampang susah mengingat besarnya modal yang diperlkukan dan tingginya persaingan.

Analisa pasar dapat dilakukan dengan 2 tujuan utama. Yang pertama adalah bagaimana cara anda memuaskan pelanggan Anda sehingga mereka semakin loyal. Sedangkan yang kedua adalah bagaima cara menarik pembeli lain supaya membeli ata menggunakan jasa Anda. Untuk yang pertama, Anda bisa mengamati pergerakan pelanggan tetap Anda. Cari tau apa saya yang dirasa oleh mereka sebagai suatu ketidaknyamanan dalam berbisnis dengan Anda dan perbaiki. Selain itu Anda juga harus meng update soal harga dan juga fasilitas. Lihat komepetitor Anda dan periksalah bagaimana cara mereka menangani pembeli dan memberikan harga. Sangat disarankan untuk bisa menghargai dan memberikan reward terhadap pelanggan Anda supaya mereka juga merasa dihargai atas jasanya yang telah membeli berbagai produk/jasa Anda. Untuk yang kedua, Anda perlu memikirkan bagaimana cara menarik pelanggan. Hal ini berkaitan dengan bagaimana analisa pasar yang Anda buat akan membantu Anda membuat strategi marketing, harga, dan kebijakan pengelolaan barang mulai dari pengiriman dan jumlah pemesanan barang untuk gudang Anda.

January 16, 2012 - Posted by | Analisa Pasar | ,

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: