Analisa Pasar

Blog Analisa Pasar

Peran Analisa Pasar dalam Menentukan Strategi Bisnis

Setiap pebisnis perlu mempertimbangkan setiap keputusan yang mereka buat dan analisa pasar diperlukan untuk menimbang keputusan tersebut. Analisa adalah salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis. Analisa juga mempunyai peranan penting dalam menentukan setiap strategi dan kebijakan dalam berbisnis. Tanpa analisa ini, pebisnis tidak bisa menjalankan bisnisnya dengan baik.

Analisa pasar dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peluang pasar dan respon konsumen terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Jika respon pasar tidak terlalu besar, pengusaha bisa memodifikasi produk yang mereka jual. Perubahan terhadap produk tersebut tidak bisa menjadi efektif jika tidak sejalan dengan selera pasar. Oleh karena itu, pebisnis harus menyesuaikan produk dengan keinginan konsumen.

Produk bisa laku keras selama konsumen tertarik dengan produk itu dan mau membelinya. Perubahan terhadap produk belum tentu cukup untuk meningkatkan penjualan. Pebisnis juga harus memilih penawaran yang tepat dan menarik minat konsumen. Seperti yang kita ketahui, pilar utama marketing adalah penawaran. Untuk menentukan penawaran yang tepat, perusahaan tidak perlu menyewa jasa keuangan. Penawaran akan menjadi sangat menarik selama masih sesuai dengan selera konsumen.

Konsumen adalah target utama dalam pemasaran produk atau jasa. Jika analisa pasar produk tidak sejalan dengan selera konsumen, penjualan tidak bisa meningkat drastis. Analisa dilakukan untuk mengetahui karakteristik konsumen. Setiap individu mempunyai ciri-ciri dan kepribadian yang unik, tetapi masyarakat yang menempati wilayah tertentu cenderung mempunyai kepribadian dan selera yang hampir sama. Kepribadian tidak hanya ditentukan oleh faktor genetik saja. Kepribadian juga ditentukan oleh lingkungan. Dengan kata lain, lingkungan juga membentuk selera konsumen tertentu. Selama pebisnis bisa memahami pola kepribadian masyarakat di tempat tertentu, mereka bisa menjadikannya sebagai peluang besar untuk meraih keuntungan.

Analisa tidak hanya dilakukan oleh konsultan yang menyediakan jasa keuangan. Pasar atau konsumen bisa menjadi objek utama analisa. Pebisnis bisa menggabungkan berbagai analisa yang mereka terapkan untuk bisnis mereka dan mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif. Analisa sangat berperan dalam menentukan kesuksesan suatu bisnis.

June 12, 2012 - Posted by | Analisa Pasar, Jasa Keuangan | ,

No comments yet.

Leave a comment